...................................Selamat datang di blog saya...................................

Tuesday, October 30, 2012

Return of Condor Heroes


Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali (Return of Condor Heroes) adalah sebuah novel silat karya Jin Yong, merupakan bagian kedua dari Trilogi Rajawali. Di Indonesia kisah ini juga dikenal dengan judul Sin Tiauw Hiap Lu (dialek Hokkian).


Serial yang beberapa waktu lalu tayang di Indonesia ini dibuka dengan sebuah lagu pembuka yang sangat indah yaitu, "Tian Xia Wu Shuang" yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi wanita dengan vokal luar biasa, yakni Jane Zhang Liang.


Yo Ko (Yang Guo) adalah tokoh utama dalam kisah ini. Ia adalah seorang yatim piatu dari Yo Kang dan Bok Liam Cioe. Kedua orang tua Yo Ko adalah tokoh dalam bagian pertama dari trilogi Rajawali, Legenda Pendekar Pemanah Rajawali.

Yo Ko merupakan seorang pendekar yang rendah hati. Sang bocah yatim piatu ini lebih banyak menjalani hidup penuh derita sejak kecil. Namun karena sifatnya, ia banyak bertemu dan berkenalan dengan para master dunia persilatan, walau tidak satupun dari mereka yang benar-benar dijadikan sebagai guru kung fu.

Yo Ko keluar dari pengalaman di bawah penyiksaan guru di perguruan Quan Zhen, Zhao Zhi Jing. Kemudian ia bertemu dengan Siauw Long Lie, murid partai Kuburan Kuno yang kemudian menjadi guru kungfu dan kasih sejati dalam hidupnya. Hubungan cinta antara guru dan murid merupakan satu pantangan dan pelanggaran adat China dimasa itu. Demi cinta mereka, Yo Ko dan Siauw Long Lie harus menghadapi tentangan dari dunia pendekar.


Tangannya sempat dipotong oleh anak dari Kwee Ceng dan Oey Yong, Kwee Hu. Namun malah akhirnya baik Kwee Ceng dan keluarganya harus ia tolong dan ia bela, dengan pemikiran sesungguhnya mereka adalah orang yang baik dan kehormatan mereka adalah kehormatan bagi dunia persilatan. Ia ditolong oleh sebuah burung rajawali yang besar dan dibawa ke suatu tempat dan mendapatkan sebuah pedang yang sangat berat.

Cerita ini juga tak lepas dari Lembah Putus Cinta yang dimiliki oleh Kong Sun Tit yang sangat kejam dan licik. Ia jatuh cinta kepada Siauw Long Lie, namun cinta Siauw Long Lie hanyalah buat Yo Ko seorang. Yo Ko dan Siauw Long Lie sempat menderita disini karena terkena racun duri Bunga Cinta. Racun ini akan menyakiti siapapun yang sedang memikirkan cinta dan membunuhnya dengan perlahan-lahan. Penawar racun ini hanya dimiliki oleh Kong Sun Tit. Namun, penawarnya hanya tinggal satu sedangkan yang terkena racun 2 orang. Kemudian Yo Ko malah membuangnya ke dalam jurang yang sangat dalam dan berkata kepada Siauw Long Lie, "Percuma aku makan penawar ini, tetap saja kita tidak bisa bersatu."

Akhirnya, Siauw Long Lie pergi meninggalkan Yo Ko dengan diam-diam dan menulis sesuatu di sebuah batu di dekat Lembah Putus Cinta itu. Yo Ko langsung berteriak histeris. Dia mengira Siauw Long Lie telah meninggalkannya untuk selama-lamanya. Oey Yong mencoba menenangkan dan mengarang cerita tentang kepergian Siauw Long Lie kepada Yo Ko yang ternyata berhasil membujuk Yo Ko untuk tetap bersemangat.


Kemudian ada seseorang yang berhasil menemukan bahan pembuat penawar racun Bunga Cinta tersebut yaitu Rumput Putus Cinta. Atas bujukan Oey Yong, Yo Ko bersedia memakan penawar tersebut.

Kemudian Yo Ko menjadi pahlawan yang suka membantu orang lain. Ia pun sering disebut Pendekar Rajawali oleh orang-orang.

Suatu hari, ia mengetahui bahwa Oey Yong membohonginya dengan rekayasa karangannya tentang kepergian Long Lie. Ia pun sedih kembali. Lalu Yo Ko melihat sesuatu yang aneh dari dasar danau di dekat Lembah Putus Cinta. Yo Ko menyelaminya dan berhasil menemukan Siauw Long Lie yang telah sembuh dari racun Bunga Cinta dan kemampuannya meningkat pesat. Ternyata Long Lie tinggal di dasar jurang tersebut dan menyembuhkan dirinya di dalam sana.


Saat itu pula peperangan melawan Mongol tak dapat dihindari. Yo Ko dikepung oleh sekitar 10.000 pasukan Mongol. Yo Ko berfokus pada Kaisar Mongol dan berhasil 'menjatuhkannya' yang artinya pasukan Mongol sudah tidak ada pemimpin dan tak ada yang memerintah mereka lagi.


Akhirnya, Yo Ko dan Siauw Long Lie dapat bersatu kembali dan hidup berbahagia. :)

Lihat juga bagian novel Jin Yong lainnya: Legenda Pendekar Pemanah Rajawali dan To Liong To

No comments:

Post a Comment

silahkan tulis komentar anda disini...